Ekstraksi Part 1

Froth Flotation

Flotasi adalah salah satu proses separasi (pemisahan) antara mineral yang berharga dan pengotornya (gangue) dengan memafaatkan sifat kimia fisik dari permukaan partikel mineral. Dimana partikel mineral memiliki sifat hidrofilik dan hodrofobik. Mneral yang memiliki sifat hidrofobik akan berikatan dengan gelembung udara dan naik ke permukaan membentuk buih. Buij yang dihasilkan diambil dan dikeringkan sehingga diperoleh mineral berharga yang diinginkan.

Proses flotasi dapat diberdakan menadi 2 jenis, yaitu Directional Flotation dan Reverse Flotation. Directional Flotation adalah proses flotasi dimana mineral berharga akan terangkat ke atas membentuk buih yang mengapung di permukaan pulp, sedangkan Reverse Flotation adalah proses flotasi dimana partikel mineral yang diapungkan merupakan mineral pengotor (gangue).

Proses flotasi dapat berlangsung optimal bergantung dari reagen-reagen yang digunakan. Reagen yang digunakan juga beragam tergantung dari mineral yang ingin kita peroleh. Reagen tersebut memiliki masing-masing kegunaan atau saling melengkapi reagen lain. Berikut ini reagen-reagen yang digunakan

       

 

1.Collector

Collector adalah senyawa yang dapat menyebabkan permukaan mineral menjadi hodrofobik, yaitu suka udara. Collector yang digunakan biasanya berupa mineral organik heteropolar yang mengandung gugus polar dan nonpolar. Gugus non polar cenderung bersifat hidrofobik dan akan menempel pada gelembung udara, sedangkan gugus polar akan menempel pada partikel solid tertentu sehingga partikel solid tersebut ikut terapung bersama gelembung udara.

Contoh reagen kolektor yang biasa digunakan adalah oleic acid.

2.Frother

Frother adalah senyawa yang dapat menurunkan tegangan permukaan gelembung atau penstabil gelembung udara, sehingga gelembung tidak mudah pecah. Frother yang efektif biasanya mengandung setidaknya lima atom karbon dalam rantai utamanya. Ketika permukaan partikel telah menjadi hodrofobik, partikel tersebut harus mampu menempel pada gelembung udara yang disuntikan (aerasi). Namun muncul masalah ketika gelembung-gelembung tersebut tidak stabil dan mudah pecah akibat tumbukan dengan partikel padat, dinding sel dan gelembung-gelembung lain.

Contoh reagen frother adalah pine oil, alkohol (MIBC), polilikol, polioksiparafin, xilenol

3.Modifier

Modifier adalah beberapa jenis reagen yang digunakan untuk mengoptimalkan proses flotasi. Modifeir terdiri dari:

a)    Aktivator

Merupakan reagan yang ditambahkan untuk menambahkan interaksi antara partikel solid dengan kolektor.

b)   Dispersant

Merupakan reagen yang digunakan untuk mencegah terjadinya penggumpalan antar partikel mineral sehingga interaksi antara mineral dan gelembung udara menjadi lebih optimal.

c)    Depresant

Merupakan reagen yang ditambahkan untuk membentuk lapisan kimia polar yang membungkus partikel solid sehingga menambahkan sifat hidrofobik ke partikel solid lain yang tidak diinginkan.

d)   pH Regulator

merupakan reagen yang digunakan untuk mengontrol pH karena sifat hidrofobik akan berlangsung optimal pada range pH tertentu.

Contoh reagen modifier adalah sebagai berikut: lime CaO, soda ash Na2CO3, NaOH, asam H2SO4, HCl. Modifiers kationik: Ba2+, Ca2+, Cu+, Pb2+, Zn2+, Ag+. Modifiers anionik: SiO32-, PO43-, CN, CO32-, S2-. Organic modifers: dextrin, starch, glue, CMC.

Dalam menganalisa efisiensi proses flotasi yang dilakukan, ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan. Dimana beberapa pendekatan tersebut adalah sebagai berikut:

Recovery

Rasio Konsentrasi

Enrichment Ratio

dimana,

c = rasio konsentrasi

f = rasio umpan (feed)

t = rasio tailing

 

Sumber:

B.A.Wills. Mineral Processing Technology. Fourth Edition. 1988. Pergamon Press : New York.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: