Metal ’08 on Vacation-Cilegon 240211

Day 3. Hari terakhir ekskursi. Tujuan utama dan satu-satunya adalah ke PT. Krakatau Steel. Karena berangkatnya siang, kami menyempatkan diri bermain di Pantai Anyer. Pantainya sih nggak terlalu bagus, cemderung kotor malah, tetapi karena saya sedang ingin sekali bermain banana boat, maka saya rela menyediakan satu baju siap basah, siap kotor, siap apa saja yang mungkin terjadilah pokoknya.

Jam 9 saya dan beberapa orang teman pergi ke pantai yang letaknya berada di seberang villa. Di teras depan villa rupanya ada aktivitas rujakan disana. Nggak bisa tahan lihat mangga muda (nah lo siapa yang lagi ngidam???). Tak jauh berjalan, kami sampai di pantai. Kami langsung menghubungi abang-abang banana boat. Kami bermain ombak sebentar sementara abang-abangnya menyiapkan peralatan. Sekitar pukul 10.00 banana boat siap, kami dibagi menjadi 2 kelompok besar beranggotakan 6 orang. Tadinya saya termasuk di kelompok 1, tetapi karena saya jatuh terus dari boat akhirnya saya ditinggal. Tak lama giliran kelompok 2 naik, saya ikut dikelompok ini, jumlah yang naik menjadi ber-7, 5 cewek dan 2 cowok.

Kami sudah siap di boat dan berangkat. Tetapi belum jauh dari pantai boat kami terbalik karena terhantam ombak besar, kami semua terjatuh, dan saat naik lagi salah seorang teman saya memutuskan untuk menyerah karena tidak bisa berenang.

Perjalanan boat pun dilanjutkan sampai ke tengah laut, seorang teman saya kakinya keram dan tumbang akhirnya ikut naik speedboat abang-nya. Kami ditarik semakin ke tengah, dan byuurrrr! Kami dijatuhkan di tengah laut. Ini pengalaman pertama saya berenang di tengah laut, jujur pertama saya agak panik karena ombak membawa saya semakin menjauh dari teman-teman dan boat, tetapi lama-lama saya bisa menguasai diri saya dan menjadi lebih rileks.

Naik lagi ke boat, jalan lagi sebentar, teman saya yang kram ingin ikut juga, jadilah kami sekarang ber-6. Saat hendak berjalan ke pinggir kami tidak bisa menyeimbangkan boat dan akhirnya terjatuh lagi. Kali ini untuk naik ke boat tidak sesulit yang kedua. Dan ketika tiba di pinggir pantai, kami lagi-lagi dijatuhkan dari boat and the game is over. Sayang saya belum–harus pake belum, karena saya akan punya (nabung nabung nabung)–punya kamera water proof, jadi belum–nanti akan bisa–bisa mengabadikan moment kayak gini.

Begitu tiba di pantai kami langsung diberitahu teman-teman yang sudah rapa jali untuk segera bersiap-siap meninggalkan villa menuju KS. Jadilah kami mandi dan bersiap buru-buru. Mandi tidak perlu bersih, yang penting kena air bersih dan pakai sabun. Rambut saya yang terkena air laut pun saya biarkan tetap terbungkus kerudung, biarlah nanti diurus di rumah. Hehe..

Sampai di KS pukul 12.00, kami langsung sholat zuhur disana. Setelah sholat, kami disuruh menunggu di suatu tempat yang terlihat seperti kantin. Tempat itu sangat sepi, hanya ada beberapa bapak-bapak yang sedang duduk mengelilingi meja kecil sambil mengobrol, menghisap rokok dan menyeruput kopi hangat. Saya dan beberapa teman langsung duduk mengelilingi satu meja kecil. Teman saya yang hobi ngopi langsung membeli kopi disana, sudah kangen berat kepingin ngopi. Sedangkan saya sudah sangat ingin minum yang manis-manis, saya pun membeli teh manis hangat. Sedapnya…

Dari kantin kami digiring ke ruangan pertemuan di dalam kantor KS. Disana kami duduk manis mendengar sambutan-sambutan, mendengarkan presentasi dan tanya jawab. Sebelum berkeliling ke plant, kami makan siang dulu. Menu makan siangnya adalah HokBen lagi. Asiiiikkk!!! Sssttt… saya makan 1 ½ porsi lho… karena teman saya yang sok moderat nggak bisa makan cepat sementara waktu makan dibatasi kurang dari 30 menit, jadi saya harus membantu dia menghabiskan makanannya. Hehehe….

Selesai makan, kami digiring keluar mengambil helm lalu berjalan menuju bis kami. Rupanya kami berkeliling plant dengan menggunakan bis dengan seorang bapak bernama Humas (Humaidi Sukses)—yang menjadi guide kami—menjelaskan tentang plant. Kami ke plant pembuatan besi sponge lalu ke plant baja billet dilanjutkan ke baja slab. Kami juga mengunjungi plant HRM (Hot Rolling Mill) dan CRM (Cold Rolling Mill). Kami juga melewati lab-lab yang ada di KS. Setelah puas berkeliling, kami turun di area training. Disana kami mengembalikan helm dan berfoto bersama. Sayang sekali saya tidak ikut berfoto bersama karena saya sedang berada di toilet. T.T

Kunjungan ke KS selesai. Kami langsung masuk kembali ke bis dan pulang menuju Depok. Di bis saya, kami karokean bersama dengan life musik. Lagu yang dinyanyikan pun sesuai request. Jadilah lagu-lagu yang direquest sebagai bahan ceng-ceng-an. Sementara di bis lain mereka karokean dengan DVD yang ada di bis dengan sistem seperti di radio, by request juga serta ada dudu (pesan dari dan untuk lewat SMS, bayangin gilanya, pesan untuk orang 1 bis disampaikan lewat SMS yang dibacakan keras-keras oleh orang yang berlagak jadi DJ). Dudu pun menjadi bahan ceng-ceng-an juga. Banyak pesan yang dikirim bukan dari orang yang sebenarnya. Hahaha.. Disepanjang jalan kami juga kadang dihibur oleh supir bis yang suka show off mepet-mepet mobil di depan, nyalip-nyalip ala pengendara motor matic, dan mepet-mepet pembatas jalan juga. Bukannya takut kami malah bersorak sorai memberi semangat. Stress!!

Pukul 21.00 kami sampai di kampus tercinta. Ayah saya sudah menjemput. Saya pamit pada teman-teman lalu pulang. Kangen tidur di rumah dan rambut saya sudah mulai gatal. Hehehe..

Ekskursi kali ini benar-benar beda dari kunjungan industri biasa yang dulu pernah kami lakukan. Banyak kenangan-kenanagan, cerita-cerita menarik yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata. Intinya saya berterima kasih pada panitia inti yang mempersiapkan acara ini, terima kasih pada teman-teman yang selalu ceria sehingga membuat ekskursi ini terasa lebih berwarna, berkesan, dan tidak akan terlupa.

2 Comments to “Metal ’08 on Vacation-Cilegon 240211”

  1. weww sebuah kebetulan saya anak metal juga dan ngekost di cilegon dan angkatan 2008 juga waaws

Leave a Reply

