Kerja Praktek Jilid 1

Yuhuuu… Sudah bulan Januari, semester 5 berakhir, liburan!! Weits, tunggu dulu. Ada yang liburan sambil kuliah lho, eh kebalik, kuliah sambil liburan. Yup, nama mata kuliahnya Kerja Praktek (KP). Buat anak teknik ini mata kuliah wajib diambil, tapi untuk beberapa fakultas lain tidak wajib. Kerja Praktek biasanya dilaksanakan saat liburan semesteran, bisa libur semester ganjil 1 bulan di bulan Januari atau libur semester genap 3 bulan di bulan Juni-Agustus. Saya dan teman saya, sebut saja Ghiska ambil di bulan Januari di satu perusahaan pembuat polipropilen terbesar di Indonesia. Tau nggak polipropilen itu apa?? Polipropilen disingkat PP itu jenis polimer yg termoplastik (yang bisa dilelelin dan didinginkan berkali-kali) yang biasa dipakai untuk gelas air mineral, warnanya biasanya buram, nggak sejernih PET (botol air mineral). Biasanya di bawah produk plastik ada simbol-simbol yang menunjukkan bahannya.

Saya seharusnya sudah mulai KP tanggal 3, tetapi karena masih ada ujian saya dan teman saya telat, kami datang tanggal 4. Sebelumnya kami sudah memberi tahu pihak perusahaannya lho, jadi hitungannya bukan bolos, tapi izin. Hehe… Pabrik tempat KP saya terletak di Cilegon. Kami diantar dari rumah langsung menuju pabriknya. Diasana kami bertemu dengan HRD dan pihak pengurus fasilitas selama KP. Fasilitas yang kami dapat berupa kamar asrama, bis antar jemput dan uang makan. Setelah selesai urusan di pabrik, kami langsung menuju asrama. Sampai di asrama kami langsung beres-beres. Asramanya besar, ada lapangan bola dan lapangan bulutangkis, ada koperasinya juga. Jumlah kamar di asrama ada 50 kamar dengan kamar mandi di luar kamar. Dari 50 kamar itu yang terisi hanya dua kamar. 1 kamar oleh saya dan ghiska, dan 1 kamar lain oleh 3 anak laki-laki dari Universitas Sanata Dharma (SADAR) Jogja.

Disini memang kami tidak mendapat makan. Tetapi kalau mau makan cukup jalan ke depan asrama sudah ada warung masakan sunda yang cukup terjangkau harganya atau mau jalan yang agak jauh akan banyak sekali ketemu tempat makan yang menjual makanan yang beragam. Kalau sedang malas makan di dekat warung masakan sunda ada yang menjual gorengan yang rasanya enaaaaaaaaaak. Kalau mau beli jajanan minimarket semacam Alfamart atau Indomaret tersebar dimana-mana.

Untuk ke pabrik kami tentu naik mobil jemputan pabrik. Mobil jemputan datang jam 7, tapi kami biasanya sudah harus stand by dari jam 6.45. Bis ini tidak melewati jalur kota, melainkan melalui jalan baru jalanannya penuh sensasi roller coaster. Ditambah lagi untuk anak-anak KP hanya boleh menempati tempat duduk paling belakang atau yang paling depan dekat supir. Oiya, setiap mau berangkat, selalu ada ibu-ibu bersama dua orang anak dan 2 pengasuh anak-anaknya. Salah satu pengasuh anaknya mirip sekali dengan teman kami di kampus, namanya Dea.

Sampai di pabrik biasanya pukul 7.45. Pada hari pertama kami disuruh menunggu Pak Agus, orang HRD, di lobi. Pukul 8.30 Pak Agus datang menemui kami, beliau memberi kami name tag dan orientasi singkat tentang perusahaan lalu mengajak kami untuk ke safety unit, disini kami diberi penjelasan tentang safety procedure di pabrik, lalu briefing singkat dengan kepala security di pabrik. Kami dipinjami safety shoes yang beratnya luaaaar biasa, jangan coba-coba lari dengan sepatu ini, sakit. -__-” Setelah briefing singkat, kami disuruh menunggu di library. Setelah makan siang, kami bertemu dengan pembimbing kerja praktek kami disana. Kami mengobrol sebentar dan diberi tahu singkat tentang laboratorium pabrik.

Pada hari kedua kami menunggu pembimbing di library sambil membaca beberapa laporan KP yang ada disana. Setelah pembimbing datang, beliau memberikan kami penjelasan singkat tentang polipropilen. Sampai pulang kami hanya menunggu membaca di library.

Pada hari ketiga, pembimbing kami memperkenalkan kami kepada manajer dan staf yang ada di laboratorium, lalu membawa kami ke lab untuk segera membantu bekerja disana. Hari-hari selanjutnya, setibanya di pabrik kami langsung jalan menuju lobi untuk absen lalu ke lab. Sampai di laboratorium kami menunggu di pantry/restroom sambil menunggu jam 8. Jam kerja pabrik pukul 8.00 – 17.00. Di laboratorium ada 3 lab, yaitu air, udara dan polimer. Kami merasakan bagaimana bekerja di 3 lab tersebut.

Apa saja sih yang dicek?

Banyak. Misalnya di lab air, kami harus mengecek semua air yang digunakan dalam proses produksi polimer serta air yang digunakan untuk sanitasi dan minum, air limbah juga turut diperiksa lho kadar-kadar zat kimianya sebelum dibuang ke laut. Metode yang digunakan bisa dengan titrasi, pH meter, konduktivitas, ataupun dengan UV vis spektrometer. Di lab gas kami mengecek gas bahan baku dan proses dengan GC (Gas Chromatography). Di lab polimer kami mengecek melt flow, kadar aditif,  kadar etilen yang digunakan sebagai bahan tambahan, distribusi berat molekul, yellowness index, dan masih banyak lagi parameter uji lainnya.

Sayang, saya tidak bisa menyertakan foto selama bekerja di pabrik. Karena ada aturan pabrik yang melarang keras foto-foto di area pabrik. T.T

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: